4
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sastra (Sanskerta: शास्त्र, shastra) merupakan kata serapan dari bahasa Sanskerta śāstra, yang berarti "teks yang mengandung instruksi" atau "pedoman", dari kata dasar śās- yang berarti "instruksi" atau "ajaran". Dalam bahasa Indonesia kata ini biasa digunakan untuk merujuk kepada "kesusastraan" atau sebuah jenis tulisan yang memiliki arti atau keindahan tertentu.
Yang agak bias adalah pemakaian istilah sastra dan sastrawi. Segmentasi sastra lebih mengacu sesuai defenisinya sebagai sekedar teks. Sedang sastrawi lebih mengarah pada sastra yang kental nuansa puitis atau abstraknya. Istilah sastrawan adalah salah satu contohnya, diartikan sebagai orang yang menggeluti sastrawi, bukan sastra.
Selain itu dalam arti kesusastraan, sastra bisa dibagi menjadi sastra tertulis atau sastra lisan (sastra oral). Di sini sastra tidak banyak berhubungan dengan tulisan, tetapi dengan bahasa yang dijadikan wahana untuk mengekspresikan pengalaman atau pemikiran tertentu.
Biasanya kesusastraan dibagi menurut daerah geografis atau bahasa.
Jadi, yang termasuk dalam kategori Sastra adalah:

Sastra Nusantara

Sastra Barat (Eropa dan jajahannya)

Sastra Asia

Sastra dunia

Lihat pula

Post a Comment Blogger Disqus

  1. ternyata di indonesia bukan cuma sastra jawa saja ya, ane taunya cuma sastra jawa doang hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kumpulan Sastra Jawa udah wajib tau kalau buat orang jawa,apa lagi cerita pendek/cerpen nya sangat melekat di segala aktivitas sehari hari,

      Delete
  2. wah keren daftar isinya gan jadi banyak pilihannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas bro yang paling penting adalah kita harus tau bagian" dari sastra itu sendiri,
      Kumpulan karya sastra di bagi menjadi beberapa golongan yang ada aturan nya masing",

      Delete